logo
 5 Manfaat Kopi bagi Kesehatan Tubuh
 Artikel news1

Artikel

 Artikel news1
5 Manfaat Kopi bagi Kesehatan Tubuh

5 Manfaat Kopi bagi Kesehatan Tubuh

5 Manfaat Kopi untuk Kesehatan
Minuman wajib masyarakat Indonesia terkhusus di pagi hari ini ternyata punya berbagai macam khasiat lho. Berikut manfaat kopi untuk kesehatan tubuh yang jarang Anda ketahui:

1. Mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2
Beberapa peneliti menunjukan bahwa semakin sering Anda meminum kopi tanpa gula, semakin kecil kemungkinan terkena risiko diabetes tipe 2. Hal itu diperkuat dengan sebuah survei yang dilakukan oleh UCLA School of Public Health and Medicine yang melibatkan lebih dari 700 perempuan di tahun 2011. Hasil survei mengatakan, apabila wanita menopause meminum 4 cangkir kopi sehari mampu menurunkan risiko diabetes tipe 2 hingga 50 persen.

Pada tahun 2009, para peneliti Australia menemukan manfaat kopi untuk mengobati diabetes. Mereka menyatakan bahwa setiap tambahan satu cangkir kopi dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2 sebesar 7 persen. Penelitian tersebut dipublikasikan dalam jurnal ‘Archives of Internal Medicine‘.

Khasiat kopi dianggap bisa meningkatkan daya tahan tubuh dengan glukosa yang penting bagi metabolisme tubuh, serta mencegah hancurnya proses produksi sel insulin. Selain itu, kopi meningkatkan kadar protein yang disebut hormon seks pengikat globulin dalam darah (sex hormone binding globulin/SHBG), yang memberikan perlindungan terhadap diabetes tipe 2 pada orang yang kelainan genetik.

2. Manfaat Kopi untuk Melawan kanker
Kopi pernah diyakini sebagai penyebab kanker. Namun, peneliti tidak mempertimbangkan faktor lain, seperti kebiasaan merokok dan minum alkohol. Kini, manfaat kopi terbukti bisa melindungi tubuh dari kanker tertentu dengan memperbaiki DNA.

Penelitian lain mengatakan kalau minum kopi dapat melawan risiko kanker usus besar, kanker dubur, kanker mulut, dan kanker kerongkongan.

Kopi mengandung ratusan senyawa kimia, di antaranya senyawa anti-inflamasi dan antioksidan yang sangat aktif, seperti methylpyridinium. Kopi espresso memiliki 2 sampai 3 kali lipat jumlah senyawa antikanker.

Baca juga: Minum Kopi Sebelum Olahraga Bisa Membakar Kalori Lebih Cepat?
3. Menurunkan risiko demensia (pikun)
Kebiasaan meminum kopi hangat bisa menurunkan risiko tersebut. Para riset dari Swedia dan Denmark mengadakan survei terhadap lebih dari 1.400 orang dewasa yang mengonsumsi kopi setiap hari. Mereka yang minum 3 hingga 5 cangkir kopi per hari, 65 persen lebih rendah terkena risiko demensia daripada yang hanya meminum dua cangkir atau tidak sama sekali. Antioksidan dari kopi dapat bekerja untuk mengurangi bentuk demensia vaskular.

Penelitian lain yang dilakukan pada hewan menunjukkan bahwa kafein dalam kopi dapat meningkatkan efisiensi penghalang darah otak, menggagalkan efek negatif dari kolesterol tinggi pada fungsi kognitif, serta kemungkinan meningkatnya energi yang membuat Anda lebih aktif.

4. Melindungi tubuh dari penyakit parkinson
Penyakit parkinson disebabkan karena adanya gangguan pada otak, yaitu sistem saraf pusat otak manusia yang mengalami kemunduran. Penyakit ini ditandai dengan ketidakteraturan pergerakan, kesulitan pada saat memulai pergerakan, dan kekakuan otot.

Untuk itu, manfaat kopi membantu menurunkan risiko penyakit parkinson bagi kaum pria. Pria yang mengonsumsi 2 hingga 3 cangkir kopi berkafein setiap hari memiliki risiko 25 persen lebih rendah terkena Parkinson.

Awalnya, peneliti tidak yakin jika kafein cukup bermanfaat melindungi pria dari parkinson. Namun, sebuah penelitian menemukan sebuah gen yang disebut GRIN2A, yang tampaknya dapat melindungi tubuh dari serangan penyakit ini.

5. Mencegah depresi
khasiat kopi dapat menurunkan risiko depresi menurut beberapa peneliti. Para ilmuwan dari Harvard School of Public Health melaporkan jika orang yang minum empat cangkir kopi atau lebih per hari memiliki risiko 20 persen lebih rendah mengalami depresi. Sedangkan, orang yang mengonsumsi dua sampai tiga cangkir kopi sehari memiliki risiko 15 persen lebih rendah.

Itulah manfaat kopi bagi kesehatan tubuh. Jadi, tidak perlu khawatir setelah meminum kopi, asal tidak berlebihan ya, Teman Sehat!

Sumber : https://doktersehat.com
Artikel 5 Manfaat Kopi bagi Kesehatan Tubuh

More News

Kopi Arabika dan Kopi Robusta
Sering kita mendengar pertanyaan kopi yang ada asamnya itu kopi apa ya? kopi yang pahit tok itu kopi apa ya ?
Yah.. itu pertanyaan yang sangat umum dari masyarakat awam. Lalu, apa sih perbedaan kopi Arabika dan Robusta ?
KOPI JAMAN DAHULU DAN SEKARANG
Awalnya kopi digunakan sebagai produk makanan. Kemudian kopi digunakan sebagai pengganti minuman anggur. Belakangan kopi digunakan juga sebagai obat. Dan saat ini kopi terkenal sebagai minuman yang cukup digemari.
5 Manfaat Kopi bagi Kesehatan Tubuh
Minuman wajib masyarakat Indonesia terkhusus di pagi hari ini ternyata punya berbagai macam khasiat lho. Berikut manfaat kopi untuk kesehatan tubuh yang jarang Anda ketahui:
Other Information Contact Information Royalle Coffee news1
Delivered from Surabaya
Desktop Version
Copyright © 2019 - Royalle Coffee All Rights Reserved
Jasa Pembuatan Website by IKT